cover
Contact Name
Putu Mega Putra
Contact Email
megabizland@gmail.com
Phone
+6285227679500
Journal Mail Official
info@paris.ipb-intl.ac.id
Editorial Address
Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional Jalan Kecak, No. 12, Gatot Subroto Timur Denpasar - Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 28283325     DOI : https://doi.org/10.22334/paris
Core Subject : Economy, Social,
Paris memuat publikasi ilmiah di bidang pendidikan, pariwisata, bisnis dan kewirausahaan. dengan cakupan bidang sebagai berikut tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pendidikan pariwisata, 2. Pengembangan kepariwisataan, 3. Pariwisata Berkelanjutan, 4. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya lokal, 5. Pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal, 6. Pengembangan Ekonomi, Bisnis digital, Kewirausahaan, Koperasi, Industri Kreatif, dan UMKM, 7. Seni, sastra, dan budaya, serta integrasi nasional dan harmoni sosial dalam bidang pariwisata.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 7 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis" : 20 Documents clear
Analisa kepuasan konsumen terhadap kinerja pramusaji di titik temu coffee seminyak kuta bali: Customer satisfaction analysis of service performance at the coffee meeting point of seminyak kuta bali Anak Agung Ngurah Dananjaya
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 7 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.161 KB) | DOI: 10.22334/paris.v1i7.109

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen Restoran Titik Temu Coffee Seminyak. Serta, untuk mengetahui indikator kinerja pramusaji yang perlu mendapatkan prioritas pelayanan di Titik Temu Coffee dalam meningkatkan kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan di Titik Temu Coffee Seminyak, Bali. Penelitian ini di lakukan dari bulan Januari hingga Mei 2021. Jenis penelitian adalah deskripstif. Populasi adalah pelanggan Titik Temu Coffee Seminyak dengan sampel sebanyak 30 orang, Analisis yang digunakan adalah metode analisis data service servqual dan Importance-Performance Analysis, Dari Hasil Penelitian ini maka didapatkan kepuasan konsumen terhadap kinerja pramusaji di Titik Temu Coffee sebesar 78,7% yang artinya konsumen puas terhadap kinerja pramusaji pada Titik Temu Coffee. Atribut yang perlu ditingkatkan yaitu ketepatan waktu, kemandirian dan kualitas kerja.
Pengaruh kepemimpinan dan komunikasi terhadap produktivitas karyawan pada the mill restaurant: Effect of leadership and communication on employee productivity in the mill restaurant Bhefan Tedjo
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 7 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1506.681 KB) | DOI: 10.22334/paris.v1i7.111

Abstract

Di dalam sebuah perusahaan seperti hotel atau restoran, kepuasan tamu atau pengunjung adalah prioritas utama dalam sebuah organisasi atau perusahaan. salah satu asset yang penting yang harus dimiliki oleh sebuah organisasi adalah produktivitas karyawan. Untuk memperoleh produktivitas yang baik, maka perlu adanya kepemimpinan dan komunikasi yang baik antara karyawan di The Mill Restoran. Pada The Mill Restaurant terlihat para pemimpin tidak tegas dan tidak memiliki problem solving yang baik pada saat bekerja. Dan juga komunikasi yang tidak terjalin baik antara karyawan sehingga sering terjadi miss communication. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif. Peneliti menyebarkan kuesioner dan melakukakn wawancara Pengaruh Kepemimpinan dan Komunikasi terhadap Produktivitas Karyawan di The Mill Restoran untuk mengukur reaksi dari 30 respoden yang telah disusun dengan menggunakan skala likert. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda di peroleh : Y = - 30.698 + 0.806 X1 = 0.826 X2. dapat disimpulkan bahwa pengaruh variabel Kepemimpinan (X1), Komunikasi (X2), terhadap Produktivitas Karyawan (Y) adalah positif, artinya bila variabel Kepemimpinan, Komunikasi meningkat maka Produktivitas Karyawan akan meningkat dan begitu sebaliknya. Di sarankan kepada pihak the mill restaurant untuk tetap menjaga atau menjalin komunikasi yang baik antar departemen di the mill restaurant, dan para pemimpin wajib melakukan morning briefing pada saat sebelum melakukan pekerjaan agar para bawahan mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan dan hal apa saja yang harus diprioritaskan lebih dulu.
Pengaruh online travel agent (ota) traveloka terhadap tingkat hunian kamar pada hotel calista beach baubau: The effect of traveloka's online travel agent (ota) on room occupancy rates at hotel calista beach baubau Galuh Angger Adji Putro
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 7 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.667 KB) | DOI: 10.22334/paris.v1i7.112

Abstract

Hotel Calista Beach Baubau melayani pemesanan kamar melalui walk-in dan OTA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh OTA Traveloka terhadap tingkat hunian kamar pada hotel Calista Beach Baubau, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemesanan kamar melalui OTA Traveloka dan untuk mengetahui strategi yang diterapkan pada hotel dalam meningkatkan pemesanan kamar melalui Traveloka. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi sederhana, dan analisis determinasi. Data-data penelitian dihitung dengan program SPSS. Hasilnya jika pemesanan kamar melalui OTA mengalami kenaikan pemesanan sejumlah 1, maka tingkat hunian kamar akan mengalami peningkatan sebesar 0,004. Selanjutnya dilakukan pengujian menggunakan uji-t yang hasilnya adalah, thitung (5,054) > ttabel (2,22814) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka OTA Traveloka berpengaruh terhadap tingkat hunian kamar. hasil r adalah sebesar 0,85. Sehingga dapat diketahui bahwa OTA Traveloka memiliki pengaruh yang sangat kuat, positif dan searah terhadap tingkat hunian kamar. Koefisien determinasi sebesar 72% dipengaruhi oleh OTA Traveloka, sisanya sebesar 28% tingkat hunian kamar dipengaruhi oleh pemesanan kamar dari sumber-sumber lain yang tidak dimasukan ke dalam penelitian ini. Dalam menunjang keberhasilan dalam meningkatkan pemesanan melalui Traveloka dengan memberikan fasilitas komputer yang memadai dan jaringan internet yang lancar dan cepat.
Pengaruh beban dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di hotel plataran ubud: Effect of load and work environment on employee performance at hotel plataran ubud Gusti Ayu Amandawati
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 7 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.151 KB) | DOI: 10.22334/paris.v1i7.113

Abstract

Kinerja karyawan memegang peranan penting bagi keberhasilan suatu organisasi. Agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan yaitu beban dan lingkungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh beban dan lingkungan kerja terhadap kinerja k aryawan di Hotel Plataran Ubud. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang merupakan karyawan Hotel Plataran Ubud yang berjumlah 38 karyawan. Responden tersebut dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampling jenuh atau menggunakan seluruh populasi sebagai sampel penelitian. Data hasil pengumpulan kuesioner kemudian dilakukan analisis kuantitatif, meliputi: uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, serta pengujian hipotesis melalui uji F dan uji t. Beban dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kinerja dengan nilai F hitung 38,438 dan sig 0,000 < 0,01. Beban kerja berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kinerja karyawan dengan nilai t hitung 2,802 dan sig 0,008 < 0,01. Lingkungan kerja berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kinerja karyawan dengan nilai thitung 3,133 dan sig 0,000 < 0,01. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan kinerja karyawan di Hotel Plataran Ubud, pihak hotel perlu memperhatikan beban dan lingkungan kerja, karena beban dan lingkungan kerja terbukti dapat mempengaruhi kinerja karyawan.
Pengaruh customer experience dan kualitas pelayanan terhadap keputusan tamu berkunjung kembali ke woobar w bali – seminyak: The effect of customer experience and quality of service on the decision of guests to return to woobar w bali – seminyak Handika Aryanatha
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 7 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.628 KB) | DOI: 10.22334/paris.v1i7.115

Abstract

W Bali – Seminyak merupakan hotel dengan kategori bintang 5 plus yang cukup dikenal memiliki design yang unik dan sangat berbeda dengan hotel lainnya. W Bali – Seminyak memiliki 1 beach club bernama Woobar. Woobar selalu berusaha memberikan pengalaman dan kualitas pelayanan yang terbaik kepada setiap tamu yang datang berkunjung. Woobar hingga saat ini masih menjadi destinasi yang disukai tamu tetapi seiring berjalannya waktu beberapa tamu merasa bahwa pengalaman yang mereka dapatkan tidaklah sesuai dengan harapan mereka hal ini dibuktikan dari beberapa tanggapan tamu mengenai kualitas pelayanan yang dirasakan ketika Woobar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer experience dan kualitas pelayanan secara partial maupun simultam terhadap keputusan tamu berkunjung kembali ke Woobar W Bali – Seminyak. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara customer experience (X1), dan kualitas pelayanan (X2) secara bersama-sama dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dimana customer experience dan kualitas pelayanan secara bersama-sama mempengaruhi keputusan berkunjung sebesar 89.4%, sedangkan selebihnya yaitu 10.6% merupakan keputusan berkunjung konsumen yang dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Dari uji yang dilakukan secara partial, diketahui tidak terdapat pengaruh positif antara customer experience terhadap keputusan berkunjung tamu di W Bali – Seminyak dengan hasil nilai signifikansi 0.879 > 0.05 dan terdapat pengaruh positif antara kualitas pelayanan terhadap keputusan berkunjung tamu ke W Bali – Seminyak dengan perhitungan nilai signifikansi 0.000 < 0.05.
Pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di legian village hotel: The effect of motivation and work environment on employee performance at legian village hotel I Kadek Dwi Arta Pratama
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 7 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.115 KB) | DOI: 10.22334/paris.v1i7.116

Abstract

Penelitian ini dilakukan oleh peneliti dengan tujuan untuk mengetahuin Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Penelitian ini dilakukan di Legian Village Hotel. Penelitian ini dimulai pada bulan Mei 2020 sampai bulan Agustus 2020. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan penyebaran kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang kemudian digunakan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Kerja (X1) dan Lingkungan Kerja (X2) terhadap Kinerja Karyawan (Y). Sampel pada penelitian ini berjumlah 62 orang karyawan dengan menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data dan menggunakan teknik sampling Simple Random Sampling yaitu teknik pengambilan sampel dari anggota populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, variabel Motivasi Kerja (X1) berpengaruh positif dan signifikan (0,295<0,473) terhadap Kinerja Karyawan dan variabel Lingkungan Kerja (X2) berpengaruh positif dan signifikan (0,00<0,473) terhadap Kinerja Karyawan (Y).
Pengaruh pelayanan prima dan harga terhadap loyalitas pelanggan di puri gangga resort: The effect of excellent service and prices on customer loyalty at puri gangga resort I Kadek Dwi Premana
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 7 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.641 KB) | DOI: 10.22334/paris.v1i7.117

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh pelayanan prima dan harga terhadap loyalitas pelanggan di Puri Gangga Resort dengan persaingan yang terjadi di industri pariwisata khususnya akomodasi semakin ketat. Perusahaan dituntut untuk memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggan dan juga harga yang bersaing kepada pelanggan adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel Pelayanan Prima (X1) dan Harga (X2) terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) . Penelitian ini dilakukan di Puri Gangga resort, yaitu pada bulan Maret sampai dengan agustus 2021. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh Pelayanan Prima (X1) dan Harga (X2) terhadap Loyalitas Pelanggan (X2) di Puri Gangga Resort, dengan penyebaran kuesioner kepada 40 tamu yang menginap dengan metode axidental sampling. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan Pelayanan Prima(X1) berpengaruh signifikan (p<0.05) secara simultan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y), dengan persamaan regresi Y (Loyalitas Pelanggan) = 1.429 + 0.145 X1 (Pelayanan Prima) + 0.390 X2 (harga). Disarankan Pelayanan Prima dan Harga diperhatikan oleh manajemen karena akan mempengaruhi Loyalitas Pelanggan di Puri Gangga Resort.
Pengaruh desain interior & atmosfer restoran terhadap loyalitas pelanggan restoran nilo coffee & croissant: The effect of restaurant interior & atmosphere design on customer loyalty of nilo coffee & croissant restaurant Lynette Antonia
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 7 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.053 KB) | DOI: 10.22334/paris.v1i7.119

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh desain interior dan atmosfer restoran terhadap loyalitas tamu Nilo Coffee and Croissant Denpasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Aspek desain interior berupa lantai, dinding, langit-langit, jendela, pintu, tangga dan lorong, perabot, peralatan lampu serta dekorasi. Sedangkan aspek atmosfer adalah kebersihan, aroma, suhu, pencahayaan, kombinasi warna, dan tata letak. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas dan realiabilitas, uji prasyarat regresi linier berupa uji asumsi klasik yaitu uji heterokedastisitas, uji normalitas dan uji multikolinearitas, uji regresi linier berganda, uji t, uji f, serta koefisien determinasi. Hasil uji regresi linear menunjukkan desain interior memiliki pengaruh lebih besar daripada atmosfer terhadap loyalitas tamu. Hasil t hitung menunjukkan atmosfer berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas tamu. Hasil uji F-test menunjukkan desain interior dan atmosfer berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas tamu. Nilai R square menunjukkan desain interior dan atmosfer restoran berpengaruh secara simultan terhadap minat berkunjung sebesar 47.5% dan sisanya 52.5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalampenelitian ini.
Pengaruh pandemi covid-19 terhadap tingkat hunian kamar hotel di sanur bali: The effect of the covid-19 pandemic on hotel room occupation in sanur bali Ni Putu Rinda Pradnyasuari
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 7 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.072 KB) | DOI: 10.22334/paris.v1i7.120

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pandemi COVID-19 terhadap tingkat hunian kamar hotel di Sanur, Bali. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data kasus positif COVID-19 dan data tingkat hunian kamar. Sampel data yang digunakan sebanyak 13 data kasus positif COVID-19 dari bulan Maret 2020 sampai Maret 2021 serta data rata-rata tingkat hunian kamar yang ada di 12 hotel di Sanur, Bali. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan Pandemi COVID-19 tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat hunian kamar hotel di Sanur, Bali. Hal ini disebabkan oleh perubahan kebijakan pemerintah yang berubah- ubah dalam kurun waktu yang singkat. Ini berarti bahwa hasil penelitian ini belum dapat membuktikan adanya pengaruh pandemi COVID-19 terhadap tingkat hunian kamar hotel. Diharapkan pihak hotel agar konsisten dalam menerapkan CHSE dan protokol kesehatan untuk mempertahankan tingkat hunian kamar serta karyawan hotel telah divaksin COVID-19.
Pengaruh kualitas produk makanan terhadap kepuasan pelanggan di skai restoran hotel padma resort legian: the effect of food product quality on customer satisfaction at skai restaurant hotel padma resort legian Putu Yuli Wulandari
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 7 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.189 KB) | DOI: 10.22334/paris.v1i7.121

Abstract

Meningkatnya pendirian restoran di berbagai tempat merupakan hasil dari permintaan pasar yang memang meningkat juga. Oleh karena itu, untuk tetap dapat bersaing dengan restoranrestoran lainnya, setiap restoran harus dapat meningkatkan kualitas produk mereka untuk dapat menciptakan kepuasan pelanggan yang dapat berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk makanan terhadap kepuasan pelanggan dan untuk mengetahui pengaruh yang paling dominan antara warna, penampilan, porsi, bentuk, temperature, aroma, tingkat kematangan dan rasa terhadap kepuasan pelanggan di SKAI Restoran Hotel Padma Resort Legian. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel sebanyak 30 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, analisis korelasi sederhana, analisis regresi linear sederhana, uji determinasi (R2 ), uji t, dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk makanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 60,6% dan variabel tingkat kematangan (X1.8) merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan dengan nilai beta sebesar 0,303.

Page 1 of 2 | Total Record : 20